Menembus blokade atas jalur Gaza

‪HAMAS MENGAJAK DISELENGGARAKANNYA MISI KEMANUSIAAN MELALUI LAUT UNTUK MENEMBUS BLOKADE GAZA SETELAH JALUR TEROWONGAN HAMPIR SELURUHNYA DIHANCURKAN

HAMAS, penguasa Gaza, pada hari Ahad kemaren mengajak dunia untuk menyelenggarakan missi kemanusiaan terbesar melalui jalur laut dalam rangka menembus blokade atas jalur Gaza.
Sami Abu Zuhri, juru bicara HAMAS, dalam siaran persnya mengatakan bahwa HAMAS meminta kepada berbagai pihak yang bebas merdeka, baik di kawasan Timur Tengah, Balkan dan dunia agar mereka mengupayakan sebisa mungkin usaha untuk menembus blokade yang mencekik jalur Gaza.

Abu Zuhri mengisyaratkan bahwa blokade atas jalur Gaza semakin menguat, khususnya setelah sebagian besar jalur terowongan dihancurkan, dan pintu Rafah hampir tertutup secara penuh setelah terjadinya berbagai peristiwa terakhir di Mesir.

Pihak otorita jalur Gaza yang dikuasai oleh Hamas mengeluhkan merosotnya koordinasi antara pihak kementerian dalam negeri jalur Gaza dengan penguasa Mesir, khususnya dalam hal yang berkenaan dengan pintu Rafah.

Sumber-sumber di penguasa Mesir mengatakan bahwa dalam dua hari yang lalu pintu Rafah dibuka secara tiba-tiba dan tanpa berkoordinasi dengan pihak kementerian dalam negeri di jalur Gaza. Sementara komunikasi antara penguasa Mesir dan otorita jalur Gaza hampir terhenti sama sekali, dan pergerakan orang bepergian melalui Rafah sangat terbatas dan hanya sebatas urusan-urusan kemanusiaan yang telah terjadi koordinasi diantara kedua belah pihak.

Pintu Rafah menjadi saksi atas berbagai kesulitan dan kerumitan yang sangat besar semenjak terjadi penggulingan atas presiden Mursi pada 3 Juli 2013 yang lalu, dan hal itu terhitung masuk kategori serangan terhadap jalur Gaza.

Pihak otorita jalur Gaza mengatakan bahwa orang yang bepergian melalui Rafah turun drastis dari 1200 orang pada setiap harinya turun menjadi hanya 300-an orang saja.

Sumber:

http://www.islamion.com/post.php?post=9295‬

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s