Ulama Mesir Dukung Program PKK

al-ikhwan.net – Cairo,  Para Ulama Mesir menegaskan bahwa program-program Partai Kebebasan dan Keadilan (PKK) sejalan dengan keinginan Ulama Mesir, bangsa Arab bahkan dunia Islam, yaitu partai ini menghendaki agar Al-Azhar Asy-Syarif kembali memerankan kepemimpinan dan independensinya sesuai dengan prinsip-prinsip syariat Islam dan menghindari dari cengkraman penguasa dan politik kotor.

Para ulama itu menghimbau semua aktivis, pemikir dan ulama untuk mendukung program-program partai ini dalam upayanya mengembalikan peran kepemimpinan Al-Azhar di dunia internasional. Para ulama menegaskan bahwa Mesir pasca reformasi 25 Januari wajib kembali untuk memimpin dunia Arab dan Dunia Islam, siapa saja yang abai dalam hal ini berarti ia mundur ke belakang dan akan menanggung hisab di hadapan Allah swt.

Syaikh Abdul Khalik Asy-Syarif, ketua Bidang Dakwah dan Informasi di Jamaah Ikhwanul Muslimin mengatakan: “Bahwa program-program PKK merupakan program Istimewa yang tepat waktu, di mana partai mengajak dengan serius untuk mengembalikan Al-Azhar ke khittahnya dan peranannya sebagai pemimpin dunia Islam. Mengingat Mesir di mata dunia luar dikenal dengan Al-Azharnya. Hakikat Mesir adalah Al-Azhar, tidak akan baik kondisi umat ini kecuali dengan baiknya Al-Azhar.”

Beliau menjelaskan bahwa program ini sangat memungkinkan untuk direalisasikan karena bertumpu pada semua kelayakan dan kemungkinan bagi independisi Al-Azhar, pengembangan dan kemajuannya. Beliau juga mengingatkan akibat tidak independen dan dibawah bayang-bayang penguasa, peran Al-Azhar mandul. Para penguasa mengubah pemilihan Syaikhul Azhar dengan penunjukan, mereka mereduksi Hai’ah Kibar Ulama atau Lembaga Ulama Besar, mereka bahkan ikut campur dalam keputusan-keputusan ulama dan membelenggu kemerdekaannya.

Begitu juga dengan Dr. Nashr Farid Washil, Anggota Lembaga Kajian Islam, Mufti Mesir yang lalu dan Ketua Persatuan Ulama Islam Internasional Mesir, melihat bahwa program PKK sejalan dengan keinginan Ulama Mesir, bangsa Arab bahkan dunia Islam, di mana partai ini menghendaki agar Al-Azhar Asy-Syarif kembali memerankan kepemimpinannya sesuai dengan prinsip-prinsip syariat Islam dan menghindari dari cengkraman penguasa dan politik kotor.

Beliau menegaskan bahwa secara isi maupun tujuan partai, semua ulama Mesir sepakat dan mendukung diwujudkannya secara nyata, sehingga Al-Azhar kembali memerankan posisinya yang tinggi dalam mengarahkan umat. Beliau mendoakan agar PKK diberikan taufik dan jalan kemudahan dalam mengemban misi besar mewujudkan pemerintahan yang baik, adil, mampu mewujudkan kemajuan ekonomi, sosial, politik, keilmuan dalam segala lini kehidupan.

Sebagaimana Dr. Muhammad Mukhtar Al-Mahdi, Ketua Lembaga Syariah Al-Muhammadiyah, mengatakan bahwa program PKK mengangkat Al-Azhar dari tataran omongan semata menuju tataran perbuatan dan wujud nyata.

Beliau menjelaskan bahwa program PKK bergerak untuk mencari solusi bagi Al-Azhar, Departemen Wakaf, Lembaga Fatwa, Peran Duat, Imam dan para Khatib dan Pengajar, di mana peran mereka mampu mengerakkan kemajuan umat dengan beragam sarana ilmiyah, dakwah dan pendidikan, karena Al-Azhar merupakan pemimpin umat, hal ini tidak dipertentangkan lagi oleh siapapun.

Syaikh Dr. Abdul Mun’im Al-Bari, Ketua Front Ulama Al-Azhar yang lalu, menghimbau agar para ulama Mesir mendukung penuh program PKK dalam mengembalikan peran dan kedudukan Al-Azhar Asy-Syarif.

Beliau meminta agar lembaga-lembaga dakwah dibersihkan dan dijauhkan dari pembusukan politik penguasa yang korup dan rusak, dan mengembalikan pemilihan pemimpinnya dengan cara pemilihan bebas, langsung oleh orang-orang yang kapebel, amanah, dan yang mengemban amanah, sehingga mereka bisa menyatukan barisan Ulama Mesir, Umat Arab dan Dunia Islam, di bawah kepemimpinan satu orang, dan satu pernyataan. [io]

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s