Wawancara Dr. Yusuf Qardhawi Nikah/talak via Internet

Wawancara dengan Prof. Dr. Yusuf Qardhawi (Q)

Oleh majalah Al-Ahram Al-Araby (A)

A : Bagaimana pendapat anda tentang pernikahan dan talak lewat
internet?
Q : Saya tidak setuju perkawinan lewat internet meskipun semua  syarat terpenuhi yaitu para saksi dan wali. Saya bersikap keras  dalam masalah ini agar kesucian dan wibawa perkawinan tetap  terjaga. Para ahli fikih mengatakan tentang jual beli dan  perdagangan bahwa dasarnya adalah sukarela, mereka mengatakan:  “Jual beli adalah proses saling memberi, adapun perkawinan adalah  ijab qobul, para saksi dan wali, yang disyari’atkan Allah dan  tidak boleh diabaikan. Diatas perkawinan akan dibangun hak dan  kewajiban untuk Allah, untuk masyarakat, keluarga, dan anak
keturunan.
Seperti ini juga pendapat saya dalam masalah talak, karena  pembajakan bukanlah hal yang rahasia lagi dimana seseorang  mungkin bisa mengetahui password setiap pengguna internet  atau mengetahui tanda tangannya atau tempat istrinya atau  melakukan apa saja yang ia inginkan maka musibahlah yang terjadi.
A : Kami melihat sikap keras dari pemimpin kalangan ulama moderat  (seperti anda), tidakkah anda melihat bahwa kesadaran saat ini di  kalangan pemuda dan pemudi serta pengetahuan mereka akan hak dan  kewajiban memungkinkan mereka untuk menjadikan interaksi dengan  sarana komunikasi internasional adalah suatu yang bisa terjadi?
Q : Benar, saya bersikap keras, tetapi apakah lantas arti moderat  menurut anda adalah sikap menggampangkan? Itu adalah pengertian  yang tidak benar, karena sikap tegas dalam masalah hukum nikah  dan talak boleh jadi akan menjadikan suami dan isteri merasakan  betapa pentingnya ikatan dan ikrar yang kuat itu.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s