Awal Puasa 1 September 2008 Hisab Versi Muhammadiyah

Kapan awal puasa 1 Ramadan 1429 H? Melalui metode hisab hakiki, PP Muhammadiyah telah menetapkan 1 Ramadan 1429 H jatuh pada 1 September 2008. Sementara Idul Fitri 1 Syawal 1429 H jatuh pada 1 Oktober 2008.

Penetapan ini telah disampaikan kepada masyarakat luas dalam maklumat PP Muhammadiyah seperti yang didapat detikcom, Senin (11/8). Maklumat bernomor: 04/MLM/I.0/E/2008 itu tertanggal 26 Juli 2008 lalu dan telah dikirimkan ke seluruh Pimpinan Cabang Muhammadiyah di seluruh pelosok Indonesia.

Menurut lampiran Maklumat yang merupakan hasil perhitungan dari Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, Ijtima’ menjelang Ramadan 1429 H terjadi pada hari Ahad legi, 31 Agustus 2008 pukul 02:59:48 WIB. Tinggi Hilal pada saat terbenam matahari di Yogyakarta plus 5 derajat, 27 menit, 57 detik, hilal sudah wujud. Di seluruh Indonesia, pada saat matahari terbenam itu, hilal sudah berada di atas ufuk.

Berdasarkan penghitungan itu, 1 Ramadan ditetapkan jatuh pada hari Senin Pahing 1 September 2008. Sedangkan Idul Fitri 1429 H ditetapkan jatuh pada hari Rabu Pahing 1 Oktober 2008 M. Dengan demikian, menurut PP Muhammadiyah, puasa pada bulan Ramadan tahun ini akan berjumlah 30 hari. Maklumat ini ditandatangani Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin dan Sekretaris Umum Rosyad Sholeh.

Sementara itu pemerintah RI baru akan menetapkan awal Ramadan 1429 H dalam sidang istbat yang kemungkinan akan digelar pada 31 Agustus 2008 di Kantor Departemen Agama. Sidang istbat akan dihadiri oleh perwakilan seluruh organisasi Islam.

NU Menunggu
Namun, salah satu organisasi terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama (NU) hingga kini belum akan mengumumkan secara resmi awal bulan suci Ramadhan. Hal ini dipastikan oleh Ketua Lajnah Falakiyah PBNU KH Ghazali Masroeri saat dihubungi Persda Network, Senin (11/8).

NU, kata Ghazali baru akan mengumumkan awal Ramadhan setelah pemerintah melalui Departemen Agama menggelar sidan isbath pada 31 Agustus yang rencananya akan dihadiri oleh seluruh ormasi Islam di Indonesia, termasuk para paka falak.

“Awal bulan Hijriyah ditentukan melalui proses rukyatul hilal bil fi’li atau dengan melihat bulan sabit secara langsung pada setiap tanggal 29 penanggalan Hijriyah. Bila bulan terlihat, maka awal bulan akan jatuh esok harinya. Bila tidak, maka jumlah hari dalam sebulan kemudian digenapkan menjadi 30 hari. Meski memang, menurut metode hisab umur bulan ditetapkan hanya 29 hari saja,” jelasnya.

Dalam data hisab pada almanak PBNU yang diterbitkan oleh Lajnah Falakiyah NU dijelaskan, peristiwa ijtima’ atau konjungsi pada awal Ramadhan akan jatuh pada Ahad Legi, tanggal 31 Agustus 2008, pukul 02.57 WIB. Hilal atau bulan sabit di Jakarta menurut LPNU, terjadi setelah Matahari terbenam pada petang harinya yang sudah mencapai ketinggian 50 48′ dengan posisi miring ke selatan selama 26 menit 31 detik di atas ufuk. Cahaya hilal mencapai besaran setengah jari.

KH Ghazali menjelaskan, pada posisi seperti itu, hilal semestinya sudah dapat dirukyat. Akan tetapi, bila beberapa tim rukyat yang diterjunkan di semua titik di Indonesia tidak berhasil melihat hilal, kemungkinan NU dan organisasi Islam lainnya yang mendasarkan awal bulan pada rukyatul hilal akan memulai puasa pada dua hari berikutnya. Ia juga menegaskan, hisab bukanlah sebagai penentu akan tetapi hanya sebagai pendukung saja dalam penghitungan rukiyah.

“Oleh karena itu, kita akan menunggu sidang isbat di Departemen Agama. NU akan menerima hasil sidang itsbat jika berdasar pada metode rukyatul hilal. Baik itu dilakukan oleh Tim Lajnah Falakiyah atau tim rukyat Departemen Agama sendiri. Adapun hisab hanyalah pemandu pelaksanaan rukyat. Setelah pemerintah mengumumkan, barulah PBNU akan mengumumkan juga setelah melalui empat tahapan sebelumnya,” jelasnya. (mdy)

Dikutip dari: http://www.metroriau.com/?q=node/4901

2 thoughts on “Awal Puasa 1 September 2008 Hisab Versi Muhammadiyah

  1. Sampai kapan muslim berbeda ?! masalah istbat awal romadlon aja berbeda terus, padahal Dalil dalil yang soheh sudah jelas ngajari cara meneliti awal dan akher bulan romadlon.

    Pusing dech. Pada Ego”…

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s