Timur Tengah Memanas, Liga Arab Akan Gelar Sidang Istimewa

pic1191.jpgLiga Arab menyatakan agar segera menggelar pertemuan istimewa di Kairo, Mesir guna membahas situasi terakhir di Palestina dan Libanon.Hal tersebut diungkapkan kepala staff sekretaris jenderal Liga Arab, Hisham Yussef seperti dikutip AFP. Ia menyatakan, pertemuan istimewa itu rencananya akan di gelar har ini, Jumat (15/6) waktu setempat.

Pertemuan yang awalnya akan digelar hari Sabtu itu dilakukan karena makin memburuknya situasi di kedua wilayah itu. Rabu kemarin, PM Libanon Fuad Siniora mendesak agar segera dilakukan pembicaraan untuk mencari jalan keluar krisis yang terjadi di negaranya, menyusul pembunuhan terhadap anggota parlemen Walid Eido, tokoh yang selama ini vokal mengkritik Suriah.

Sementara itu di Jalur Ghaza, baku tembak antara kelompok pendukung Fatah dan Hamas mencapai puncaknya. Kelompok pendukung Hamas berhasil menguasai Ghaza, dan Presiden Palestina Mahmud Abbas menyatakan situasi darurat serta pembubaran pemerintahan nasional bersatu yang didominasi Hamas.

Namun sejauh ini belum jelas, apakah pertemuan tersebut jadi digelar. Liga Arab sejauh ini belum menunjukkan peran besarnya dalam penyelesaikan konflik di Timur Tengah, terutama konflik yang terjadi di Palestina.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s