Penentuan 1 Ramadhan 1433 (tahun 2012)

1 Ramadhan 1433 (tahun 2012)
Bagaimana sebetulnya pemerintah atau suatu organisasi menentukan 1 ramadhan 2012 kali ini? baik ada baiknya menyimak tulisan saya dibawah ini dihimpun dari berbagai sumber

FAKTA  DAN DATA ASTRONOMI
Lihat di perhitungan US NAVAL , bulan baru ramadhan kotak berwarna merah, sedangkan bulan baru untuk syawal pakai kotak warna biru. itu waktu pakai Universal Time, sama dengan waktu greenwich. jadi kalau indonesia bagian barat + 7 jam. bulan baru ramadhan terjadi pada jam 4.24 UT atau 11.24 WIB. Jadi ijtimak(konjugsi) akhir Syaban 1433 Hijriah terjadi hari Kamis (19/7/2012) pukul 11.24 WIB.
Tinggi hilal saat maghrib 19 Juli 2012:
Pelabuhan Ratu 1 44’ 17”
Yogyakarta     1 38’ 40″
Jayapura       0 08’ 30”

IJTIHAD BERDASARKAN FAKTA ASTRONOMI DIATAS
a. PERSIS
MEDAN, KOMPAS.com, Pakai metoda hisab-kriteria ruyah (KOMPILASI atau Campuran) artinya berdasarkan fatka astronomi, pada posisi hilal tersebut mustahil bulan wujud sebagai hilal (dibawah 2 derajat, sebagai syarat rukyah).
maka 1 Ramadhan atau awal puasa jatuh pada Sabtu, 21 Juli 2012
1.Jika memakai MURNI rukyah seharusnya, tunggu saja nanti pada tanggal 19/07/2012 menjelang pergantian hari qomariah, yaitu pada saat menjelang mangrib atau matahari terbenam apakah bulan betul2 harfiah pakai mata telanjang bisa dilihat atau tidak seperti yang dilakukan oleh Departemen agama dengan Sidang dewan isbatnya.
2. kalau MURNI menggunaka metoda hisab, tidak usah pakai kriteria rukyah pada saat matahari terbenam sama dengan 2 derajat atau lebih tingginya. cukup kapan terjadinya ijtima atau bulan baru, jika terjadi sebelum matahari terbenam maka, magrib sudah tanggal 1 ramadhan atau besok hari tanggal 20 juli sudah masuk tanggal 1 ramadhan. itulah yang dilakukan kalender-kalender umum.

b. MUHAMMADIYAH
Kendari (ANTARA News), Pada Saat matahari terbenam bulan belum terbenam, jadi hilal sudah wujud, sehingga 1 Ramadhan ditetapkan pada saat terbenam matahari tanggal 19 Juli 2012 dan konversinya dengan kalender Masehi ditetapkan keesokan harinya yakni 20 Juli 2012. Pakai metoda hisab, dgn kriteria apakah pada saat matahari tenggelam bulan

bulan berada dimana? atas ufuk atau sudah tenggelam. kriteria ini lebih rendah dari kriteria hisab 2 derajat diatas ufuk. Sama seperti PERSIS, metoda hisab dengan kriteria ketinggian > 0 berapa saja tingginya asal diatas ufuk, sudah dianggap masuk bulan baru. Metoda “Kompilasi”

c. DEPARTEMEN AGAMA
Bengkulu (ANTARA News) – Menteri Agama Suryadharma Ali mengatakan, pemerintah akan menetapkan awal bulan Ramadhan 1433 Hijriyah melalui sidang Isbat di Kementerian Agama pada 19 atau 20 Juli 2012. Pemerintah akan melalui proses sidang Isbat, sidang Isbat untuk mendengarkan laporan dari berbagai tim yang ditugaskan bekerja di berbagai tempat untuk melakukan Rukhiyah melihat bulan secara langsung atau mengunakan alat teropong bintang. Kalau memang bulan terlihat maka kita tetapkan pada saat itu sebagai dimulainya bulan puasa. Jika hilal dibawah dua derajat, maka sulit dilakukan melalui rukhyat, sehingga akan mengunakan standar istikmal atau mengunakan umur bulan syakban selama 30 hari.Apabila sudah nampak maka pada saat Maghrib waktu setempat telah memasuki bulan puasaMenurut hemat saya, pemerintah konsisten dgn metoda yang dipakai: RUKYAH tunggu saja tanggal mainnya… adakah orang2 yang ditugaskan melihat hilal benar-benar melihat hilal atau tidak.

Inilah sebab-sebab perbedaan-perbedaan tiga kelompok : 1. Persis 2. Muhammadiyah dan 3. Sidang Isbat Pemerintah, semoga kita bisa secara arif dan bijaksana mensikapinya.

Akhirul kalam, yang diwajibkan adalah berpuasa tanggal 1 ramadhan, sedangkan Penentuan 1 Ramadhan tidak lah masuk dalam kedalam ibadah puasa. yang mana saja yang dipilih tidak lah mengganggu kesempurnaan ibadah shaum itu sendiri. wallahu alam.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s